0
Era digital ini membuat banyak aplikasi yang sebenarnya dulu tidak begitu penting menjadi penting. Dengan menggunakan gadget berfitur pintar maka semuanya bisa diraih dan dibuat hanya dengan melakukan sedikit sentuhan pada layar sebuah gadget.

Sebut saja peta. Pada tahun 2000-an. Peta sebenarnya bukanlah merupakan hal yang penting. Namun, ditahun 2010 sampai sekarang aplikasi peta juga merupakan sebuah hal yang sangat penting ada dalam sebuah gadget.  Sebut saja ponsel pintar dengan perangkat iOS.

Here Maps, Aplikasi Peta Nokia untuk iOS Dirilis
Here Maps, Aplikasi Peta Nokia untuk iOS Dirilis
Baru-baru ini, dikabarkan oleh sebuah laman di Tempo.co bahwa ada sebuah kabar gembira bagi pengguna perangkat iOS 6 yang merasa tidak begitu puas dengan kinerja Maps yang dibikin oleh pihak Apple. Pasalnya aplikasi terbaru yang dibikin oleh Nokia telah dirilis. Aplikasi tersebut diberi nama dengan Here Maps.

Here Maps merupakan aplikasi peta yang memiliki fitur panduan suara yang akan memberikan arahan pada pengguna. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai tempat transit publik dan juga kondisi lalu lintas. Info lalu lintas yang diberikan meliputi kemacetan, kecelakaan, pengerjaan jalan, dan lainnya. Kelengkapan informasi yang tersedia berbeda-beda di setiap wilayah.

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa di download pada situs Apps Store. Khususnya untuk gadget yang menggunakan sistem operasi iOS 4.3 atau setelahnya. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan sistem berbasis Cloud.

Diberitakan dari laman yang sama pada situs tempo.co, bahwa Here Maps ini hadir pada saat pihak Apple sedang memperbaiki sistem aplikasi yang dibuat untuk sistem iOS 6 untuk menggantikan Google Maps. Perbaikan dilakukan karena memang aplikasi yang dibuat oleh pihak Apple tersebut banyak menuai kritikan dikarenakan tidak sebagus Google Maps.

Oleh adanya kekurangan yang terdapat pada aplikasi peta yang dibuat oleh Apple tersebut, Tim Cook yang merupakan CEO Apple sendiri membuat pernyataan maafnya secara umum oleh adanya banyak kekurangan tersebut dan bahkan memberikan izin kepada para pengguna untuk menggunakan aplikasi peta selain dari buatan pihak Apple sendiri.

Disisi lain, diberitakan juga pada laman yang sama pada situs yang sama bahwa, pihak Google juga hampir merampungkan aplikasi peta yang dibuat khusus untuk iOS 6. Google disebutkan tengah mengujicoba aplikasi ini pada orang-orang di luar perusahaannya. Aplikasi Google Maps untuk iOS ini diperkirakan akan memiliki fitur navigasi ''turn-by-turn'' seperti yang terdapat pada versi Androidnya.

Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

 
Top