0
Menjamurnya tablet di kehidupan manusia saat ini membuat kebutuhan akan konten yang bermutu semakin meningkat. Namun, hal tersebut ternyata tidak berjalan dengan seimbang. Di tengah banyaknya permintaan akan konten-konten dari dunia internet. Sulit untuk menemukan konten yang benar-benar bermutu dan baik untuk menjadi bahan bacaan yang bisa mendidik.

Untuk itulah, PT. Telkom atau PT. Telekomunikasi Indonesia terinspirasi untuk membentuk sebuah toko buku digital. Sejenis sebuah perpustakaan namun bisa dinikmati secara online. Oleh karena hal tersebut membuat para pengguna tablet bisa membuka dan membaca buku-buku dari sana.

Telkom Luncurkan Toko Buku Digital Qbaca
Telkom Luncurkan Toko Buku Digital Qbaca
Toko buku digital tersebut diberi nama dengan Qbaca atau dilafalkan dengan “Kubaca”. Sepintas aplikasi ini mirip dengan aplikasi yang dibuat oleh Google yaitu Google Play Book. Cara kerjanya adalah pengguna aplikasi Qbaca adalah dengan cara mengunduh atau mendownload secara gratis, memiliki rak digital untuk menyimpan buku dan membacanya secara digital.

Menurut sebuah laman di tempo.co disebutkan bahwa, buku-buku yang tersedia di dalam aplikasi ini terdapat dalam berbagai genre. Mulai dari pendidikan, fiksi, hingga buku agama yang berbayar maupun tersedia dengan gratis. Untuk buku yang berbayar bisa dilakukan pembayarannya dengan menggunakan bank atau lewat atm atau kartu kredit. Sepert transaksi dalam pembelian barang secara online.

Mengutip dari laman yang sama Executive general manager Multimedia Telkom, Achmad Sugiarto mengungkapkan bahwa, sampai saat ini koleksi buku yag tersedia dalam Qbaca berjumlah 500 judul. Cukup banyak tentunya dengan jumlah tersebut pengguna bisa memilih judul yang mana yang mereka ingin baca sesuai dengan selera masing-masing.

Dijelaskan juga bahwa sampai saat ini, sudah baru terdapat 3 penerbit yang bekerja sama dengan Qbaca dalam mengisi varian buku yang ada. Ketiganya yaitu Mizan, Grafindo, dan BSE (Buku Sekolah Elektronik). Namun, pihak Telkom masih berupaya untuk melakukan kerja sama dengan beberapa penerbit lainnya. Setidaknya pada akhir tahun ini pihak Telkom sendiri menargetkan ada dua penerbit lagi yang akan bergabung.

Dalam mengisi buku bacaan yang ada disana. Qbaca akan bekerja sama dengan para penerbit lokal. Namun selain itu pihak Qbaca juga berencana untuk bekerja sama dengan para penulis Indie.

Saat ini aplikasi Qbaca baru tersedia untuk perangkat Android dan dapat diunduh di Google Play secara gratis. Namun pada akhir Desember mendatang aplikasi serupa juga ditargetkan tersedia pada perangkat dengan sistem operasi iOS.

Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

 
Top