0
Tepat 2 bulan yang lalu, pihak Samsung telah meluncurkan sebuah notebook dengan konsep Chromebook. Disebut dengan Chromebook, karena Notebook ini menggunakan OS yang diluncurkan oleh Google yaitu Chrome OS.

Chromebook ini didukung dengan teknologi processor ARM. Notebook ini pun menggunakan layar dengan ukuran 11,6 inci, daya tahan baterai 6,5 jam, seharga US$ 249 (Rp 2,4 juta). Menggunakan konsep tampilan mirip dengan Macbook.

Chromebook ini memiliki berat 2,43 pon (1,1 kilogram), tebal 0,8 inci, dan menyala kurang dari 10 detik. Merupakan sebuah proses booting yang sangat cepat untuk ukuran notebook. Kemudian dengan teknologi Processor ARM yang digunakan, maka Chromebook ini tidak memerlukan kipas angin untuk proses pendinginannya.

Chromebook Seharga Rp.2,4 Juta Keluaran Samsung
Chromebook Seharga Rp.2,4 Juta Keluaran Samsung
Google menggambarkan komputer Chrome OS sebagai komputer berbasis cloud. Mereka dibangun untuk ekosistem Google, yaitu Drive, Gmail, Google Docs, YouTube, Search, dan Google +. Paket produk Samsung itu juga termasuk penyimpanan gratis 100 GB selama dua tahun pada layanan berbasis cloud, Google Drive. 

Dengan konsep cloud ini dapat diprediksikan arah teknologi masa depan adalah bersifat cloud. Dimana data-dat terus selalu terhubung dengan internet dengan sistem keamanan yang dapat dipercaya. 

Sundar Pichai, wakil presiden senior di unit bisnis Chrome dan Aplikasi di Google yang saya kutip dari sebuah laman di situs tempo.co, menyebutkan bahwa dengan menggunakan chrome OS, pengguna tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan dan keamanan data dalam sistemnya. Kemudian tentang proses pemeliharaannya pasti lebih mudah. Yang perlu pengguna perhatikan hanyalah mengisi baterai. Hal ini dinyatakannya dalam posting blog pribadinya.

satu-satunya aplikasi yang di-instal pada perangkat ini adalah Web browser Google Chrome, yang menggabungkan media player dan file manager.

Browser Chrome lebih banyak hadir dalam industri komputer daripada dalam sistem operasi. Sistem operasi ini bahkan tidak terdaftar dalam peringkat sistem operasi dari Net Applications.com. Laporan September menyebutkan Microsoft Windows memiliki pangsa 92 persen dari pasar desktop/notebook, Apple Mac OS X memiliki pangsa 7 persen, dan Linux 1 persen. Adapun Browser Chrome menguasai 19 persen dari pasar browser desktop. Sedangkan Google Android menikmati pangsa 21 persen pada pasar smartphone dan tablet.

Selain Samsung, sistem operasi Google Chrome juga tersedia pada komputer notebook AC700 dari Acer.


Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

 
Top