0
Baru-baru ini telah diluncurkan komputer mini dengan pendingin pasif atau tidak dilengkapi kipas yang ditenagai oleh prosesor AMD APU (Accelerated Processing Unit), yakni PC4 buatan Compulab. Komputer mini PC4 ini menawarkan spesifikasi yang lumayan untuk menangani komputasi sehari-hari.
PC4 Komputer Mini Tanpa Kipas

Desain komputer mini PC4 ini benar-benar kompak, bahkan sekilas tidak terlihat bahwa PC4 ini adalah sebuah komputer. Bentuknya yang ramping ini membuatnya terlihat seperti router. Compulab PC4 ini cocok bagi yang membutuhkan komputer dengan ruang terbatas.

Apa yang ditawarkan oleh komputer mini PC4? Komputer mini PC4 ini tersedia dalam dua varian, yakni PC4 dan PC4 Pro. Varian PC4 ditenagai oleh AMD APU A4-1250 dual-core berkecepatan 1GHz yang dipadukan dengan pengolah grafis mumpuni dari Radeon HD 8210.

Sedangkan komputer mini varian PC4 Pro ditenagai oleh prosesor yang lebih powerfull, yakni AMD Gx-420CA yang mengusung prosesor dual-core berkecepatan 2GHz yang dipadukan dengan pengolah grafis mumpuni dari Radeon seri 8400E.

Kedua varian komputer mini PC4 ini dikemas dalam casing berbahan aluminium dan dilengkapi pendingin tanpa kipas. Keduanya juga dilengkapi dengan dua slot SODIMM yang mendukung penggunaan memori RAM hingga maksimal 16GB dan telah mendukung sistem operasi Windows dan Linux.

PC4 dilengkapi beberapa fitur standar PC, yakni HDMI 1.4a output, S / PDIF digital audio, port RS232, dua port Gigabit Ethernet, dua port USB 3.0, 6 port USB 2.0, WiFi / Bluetooth, mini PCIe, dan slot mSATA. Varian PC4 Pro telah dilengkapi SSD 120GB dan RAM 8GB di dalamnya.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (28/02/2014), komputer mini PC4 ini dijual dengan harga $299 atau sekitar Rp 3,6 juta. Sedangkan varian PC4 Pro dijual dengan harga $380 atau sekitar Rp 4,6 juta.
Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

 
Top