2
Masih ingatkan anda akan kata Symbian yang biasa melekat pada beberapa ponsel yang diciptakan oleh pihak Nokia pada saat masa kejayaannya? Meskipun demikian, mungkin sudah saatnya kita tinggalkan dan ucapkan selamat tinggal kepada ponsel symbian. Hal ini mengingat pihak Nokia sudah menjelaskan bahwa produknya dengan nama PureView 808 adalah produk ponsel terakhir mereka yang menggunakan sistem symbian. Hal ini berarti bahwa anak cucu kita tidak akan mengenal yang namanya produk symbian lagi, karena di masa yang akan datang ponsel symbian tidak akan diproduksi lagi.
 
OS bernama Symbian ini mulai eksis pada tahun 1998 hingga 2011. Dalam kurun waktu yang relatif lama tersebut tentu saja banyak produk yang sudah menjadi legendaris. Kali ini saya akan mencoba merangkumnya sebagai bahan pengingat masa lalu kita semua. Berikut rangkuman 10 ponsel symbian yang menjadi legendaris dimasanya :
 
Nokia N95 (April 2007)
 
N95 merupakan produk yang sangat dibangga-banggakan dan dipuji-puji pada kala itu dalam setiap review penulis. Hal ini tentu saja memang dikarenakan oleh fitur yang dibawa oleh ponsel ini yang memang sangatlah canggih dibanding dengan ponsel lainnya.
 
Kemudian lagi dengan kamera dengan kekuatan 5 megapixel yang membuat proses perekaman foto dan juga videonya sungguh sangat luar biasa. Ponsel ini juga dikatakan sangat canggih untuk multimedia dengan disokong kemampuan game yang sangat mempuni pula.
 
Nokia E71 (September 2008)
 
Pada tahun 2008 ancaman dari pihak vendor lain yang menghadirkan smartphone semakin nyata. Namun, Nokia masih mampu mendapatkan kepercayaan dari para konsumen dengan menghadirkan Nokia E71 yang didesign tipis dengan balutan berbahan metal membuatnya tampil sangat elegant. Tidak lupa juga teknologi yang mempuni yang ada padanya.
 
Kemudian lagi dengan sokongan keyboardnya yang nyaman serta fitur Microsoft Exchangenya yang membuatnya mampu bertahan dari ancaman smartphone Blackberry kala itu.
 
Nokia 3650 (April 2003)
 
 
Ponsel ini tergolong ke dalam ponsel dengan design yang tak biasa. Hal ini dikarenakan oleh pihak Nokia yang sering membuat ponsel dengan design yang sejenis pula pada kala itu. Keyboardnya saja bergaya melingkar. Sedangkan fitur-fiturnya lumayan dipuji kala itu meski tentu saja sudah menjadi teknologi jadul untuk ukuran sekarang.
 
Nokia 808 Pureview (Juni 2012)
 
Nokia pada era 2012 sudah mulai sangat redup untuk perangkat bernama ponsel. Namun, dengan kehadiran ponsel bernama 808 pureview membuatnya kembali mendapatkan perhatian yang sangat luar biasa dari para konsumen.
 
Dengan diintegrasikan kamera berukuran 41 megapixel membuatnya menjadi sebuah ponsel dengan kamera yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Hingga saat ini pun, kamera tersebut tak ada yang mampu menandinginya.
 
Nokia E90 (Desember 2007)
 
Salah satu seri yang sangat memiliki popularitas adalah Seri Communicator dari Nokia. Salah satu gadget yang dikategorikan ke dalam seri ini adalah Seri E90. Dengan keunggulan lebih portable dari seri sebelumnya membuatnya menjadi banyak dilirik oleh para konsumen kala itu. Fitur yang sangat fenomenalnya yaitu ponsel ini dapat menggantikan posisi laptop sehingga sangat menarik. Namun, sayang dikarenakan harganya yang mencapai Rp. 10 jutaan kala itu membuatnya hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja.
 
Nokia 6682 (Juni 2005)
 
Ponsel ini mampu memberikan popularitas tinggi kepada pihak Nokia kala itu. Dengan memiliki kualitas Kamera hingga 1,3 megapixel membuatnya menjadi lirikan konsumen. Kemudian akses tambahan fitur-fitur menarik yang ditawarkannnya untuk kebutuhan internet yang memadai membuatnya semakin diinginkan oleh para konsumen.
 
Nokia N82 (Februari 2008)
 
Nokia N-Series juga menjadi sangat diminati oleh para konsumen kala itu. Salah satu yang jadi idola sebut saja N82. Dengan sokongan kamera hingga berkualitas 5 Megapixel juga menjadi salah satu fitur andalan gadget ini.
 
Nokia N8 (Oktober 2010)
 
Nokia N8 merupakan salah satu jagoan Nokia yang diperuntukan untuk menghadang kemajuan sistem operasi Android dan iOS. Salah satu keunggulannya yaitu kamera yang berkualitas 12 megapixel dengan optik Carl Zeiss. Kemudian juga ditambah lagi dengan fitur-fitur tambahan lainnya yang juga sangat menarik.
 
Nokia 5800 (September 2008)
 

Nokia 5800 ini merupakan sebuah kerajaan yang menyajikan pengalaman berbeda saat mendengarkan musik sehingga membuatnya sangat diminati oleh para konsumen. Di kuartal pertama ponsel Express Music Nokia ini sudah mampu terjual sekitar 2,6 juta unit. Kesuksesan penjualan ini juga dikarenakan fitur kamera 3,15 megapixel dengan dual LED Flash.
Nokia N-Gage QD (Junia 2004)
 
Nokia N-Gage QD merupakan sebuah ponsel unik yang memadukan fitur kapabilitas game yang sangat menarik. Hal inilah yang kemudian membuatnya sangat disukai oleh para konsumen. Nokia N-Gage QD juga dikategorikan sebagai mesin game sehingga menarik bisa memainkan game dengan resolusi yang sangat tinggi di dalamnya.
 
 
Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

  1. Makasih sharingnya, gan!
    Salam kenal dan kalau sempat mampir sekalian gabung dengan teman-teman lain yang sudah sumbit url web blognya ke Direktori Weblog Indonesia.
    Sukses selalu, gan!

    ReplyDelete
  2. Amin, siap gan.Nanti ane coba gabung

    ReplyDelete

 
Top