0
Samsung sepertinya menjadi magnet yang luar biasa bagi para pengunjung perhelatan bernama Consumer Electronics Show 2013. Hal ini disebabkan oleh kesuksesan beberapa gadget di dengan nama Galaxynya. Sebut saja Galaxy S III dan juga Galaxy Note II yang memberikan pandangan berbeda terhadap produk bernama smartphone.

Pada kegiatan CES 2013 Samsung tidak mengungkap tentang penerus Samsung Galaxy S III namun memilih untuk memamerkan teknologi penting yang ada dalam sebuah smartphone. Teknologi tersebut sering disebut juga dengan otak dari setiap smartphone. 

Samsung Ungkap Exynos 5, Prosesor dengan 8 Core
Exynos 5 Octa
Komponen penting yang dimaksudkan adalah prosesor. Dalam membidangi dunia smartphone pastinya mereka harus mengenal dan memiliki kelebihan dari Otak smartphone yang diciptakannya. Dalam CES 2013, Samsung memperkenalkan prosesor mobile terbaru mereka yang bernama Exynos 5 Octa. Prosesor ini memiliki keunggulan yaitu memiliki 8 buah core di dalamnya.

Sebenarnya Exynos 5 Octa lebih pas untuk disebut sebagai dua buah prosesor quad core berbasis Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang dikemas sebagai sebuah SoC (Single on Chip). Meski digabung menjadi satu, namun cara kerjanya masih sendiri-sendiri. Hal ini yang membuat prosesor ini tidak bisa disebut dengan prosesor 8 core.

Jadi prinsip kerja Exynos 5 Octa sebenarnya adalah sistem akan menentukan prosesor mana yang bekerja sesuai dengan load yang dijalankan oleh sistem. Exynos 5 Octa yang sejatinya telah mengaplikasikan teknologi terbaru ARM big.LITTLE tersebut, diklaim memiliki kemampuan render 3D dua kali lebih baik dibandingkan Exynos 4.

Prosesor ini disebut-sebut akan mengisi sebuah perangkat Samsung yang merupakan penerus dari Samsung Galaxy S III. Namun, belum diketahui kebenarannya. Pasalnya, pihak Samsung belum banyak berkomentar tentang masalah ini.
Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

 
Top