0
Cueva, itulah nama speaker (dock) iPhone dan iPod karya sembilan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Dibuat eksklusif hand made, Cueva mampu berfungsi sebagai speaker tanpa perlu aliran listrik.
Cueva, Speaker iPhone Tanpa Listrik Buatan Mahasiswa ITB

Berbentuk setengah lingkaran dengan dimensi panjang 20 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 10 cm. Pada bagian tengah ada dudukan sebagai dock yang di bawahnya terdapat lubang kecil sebagai media pengeluaran suara.

Di sebelah kanan dan kiri tersemat dua speaker namun hanya sebagai aksesoris. Pada bagian dasar ada dudukan ponsel dan lubang untuk mengisi daya atau charger.

Cueva mambu mengamplifi suara eksternal iPhone hingga tiga kali lipat lebih kuat. Dibawah naungan perusahaan Earth Co., teknologi yang diusung Cueva menggandeng tim Fisika ITB.

Hadir dalam dua pilihan; Grande Darak dan Grande Light kedua dibedakan dari jenis kayu sebagai bahan. Drak gunakan kayu sonokeling sedangkan Light jenis kayu sungkai. Keduanya masuk kategori kayu tonewood yang dipakai untuk gitar dan alat musik lainnya.

Sebagai crafter, Cueva full hand made. Karenanya proses produksi per bulan hanya mampu 24 unit. Satu unit membutuhkan waktu 21 jam pembuatan. Dengan demikian harga yang dibanderol pun premium.

1 unit Cueva dilepas di harga Rp 780 ribu. Kompatibel dengan perangkat Apple seperti iPod Touch 5th Gen, iPhone 4 dan 4s, serta iPhone 5, 5c dan 5s. Cueva sementara hanya hadir untuk iPhone sebab ukurannya dari satu tipe ke tipe lain selalu konsisten.
Menulis adalah salah satu hobi yang membuat saya tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Post a Comment

 
Top